Jumat, 30 Maret 2012

softskill komponen komunikasi dan tatap muka komunikasi


Komponen – Komponen komunikasi dan Komunikasi Tatap Muka
            Dalam berkomunikasi tidaklah terlepas dari komponen-komponen yang mendukung terjadinya komunikasi tersebut,komponen-komponen tersebut antara lain komunikator, yaitu subyek yang menerima pesan informasi atau berita.komunikan, yaitu subyek yang menerima pesan yang dituju.respon, yaitu tanggapan.media.Disamping itu  komunikasi Tatap Muka juga menjadi bagian yang penting yang ada dalam komunikasi.Menurut Wiryanto (2004), komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang berlangsung dalam situasi tatap muka antara dua orang atau lebih, baik secara terorganisasi maupun pada kerumunan orang. Sedangkan menurut Febrina (2008), komunikasi interpersonal adalah interaksi orang ke orang, dua arah, verbal dan non verbal. Saling berbagi informasi dan perasaan antara individu dengan individu atau antar individu di dalam kelompok kecil. Komunikasi interpersonal menunjuk kepada komunikasi dengan orang lain. Komunikasi jenis ini dibagi lagi menjadi komunikasi diadik, komunikasi publik, dan komunikasi kelompok-kecil. Model Jendela Johari memusatkan pada keseimbangan komunikasi interpersonal.
Termasuk dalam komunikasi interpersonal adalah :
• Pidato
• Komunikasi nonverbal
• Penyimpulan
• Parafrase
Memiliki komunikasi interpersonal yang baik mendukung proses-proses seperti:
• Perdagangan
• Konseling
• Pelatihan
• Bimbingan
• Pemecahan Konflik
         Komunikasi interpersonal merupakan subyek dari beberapa disiplin dalam bidang psikologi, terutama analisis transaksional. Komunikasi ini dapat dihalangi oleh gangguan komunikasi atau oleh kesombongan, sifat malu, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar